Cara Mudah Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

  • November 7, 2019

Berita Otomotif Bermanfaat Cara Mudah Merawat Rem Cakram Sepeda Motor. Rem adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor karena berkaitan erat dengan keamanan dan keselamatan pengendara. Oleh karena itu, sistem pengereman harus selalu dalam kondisi baik saat kendaraan melaju. Sehingga harus diperhatikan benar mengenai perawatannya.

Banyak pengendara yang hanya bisa mengendarai motor tanpa tau mengenai apa saja yang harus diperhatikan mengenai perawatannya. Untuk itu, cobalah untuk sering menyimak berita otomotif yang tentunya banyak mengulas berita tentang hal-hal yang berkaitan dsengan motor. Termasuk mengenai cara perawatan motor dan semua komponennya.

Salah satu yang harus menjadi perhatian khusus dari sepeda motor yaitu bagian rem. Kamu harus tahu benar mengenai perawataannya, karena jika sampai kurang dalam perawatannya maka akan sangat berbahaya bagi pengendaranya.

Mengenai rem motor, saat ini terdapat bermacam-macam tipe rem, salah satu yang banyak digunakan ialah cakram atau disc brake. Untuk pengoperasian, rem cakram banyak menggunakan sistem rem hidrolik yaitu pengoperasian sistem dengan memanfaatkan tekanan hidrolik.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk merawat cakram pada sepeda motor agar tetap prima. Hal ini banyak dibahas di berita motor. Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap 2 tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 Kilometer.

Untuk pemeriksaan kuantitasnya, pemilik kendaraan bermotor dapat melihat level permukaan minyak rem apakah sudah menyentuh marking lower atau level paling bawah.

Jika sudah menyentuh level paling bawah maka pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi dari pada set atau kampas rem yang sudah mulai Aus. Semakin aus kampas rem maka level pada permukaan minyak rem akan semakin menurun.

Bila kampas rem sudah diganti tapi kondisi minyak rem masih tetap kurang, maka tank master rem tersebut wajib diisi sampai tanda marking upper atau level paling atas atau maksimum. Sedangkan untuk pemeriksaan kualitas dari minyak rem, dapat dilihat dari warnanya. Semakin gelap warnanya maka kualitasnya juga semakin berkurang.

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah jika sudah terasa ada hal ganjil saat pengereman, pemilik kendaraan sebaiknya mengganti seal master rem. Keluhan yang biasanya banyak diungkapkan oleh konsumen ialah handle rem yang terasa blong ketika ditekan atau sangat keras namun kendaraan tidak menurun kecepatannya.

Begitu pentingnya fungsi rem motor saat berkendara, jangan sampai karna kelalaian kamu dalam merawat rem motor, sehingga menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Cari tahu mengenai informasi penting tentang motor dengan membaca berita otomotif yang mengulas berbagai informasi mengenai dunia motor. Salah satu yang dapat dijadikan referensi yaitu blog yang berisi berbagai artikel tentang motor, kamu dapat langsung mengunjungi blog Moladin. Selamat membaca.

Maribel

E-mail : admin@hyperlinknovelas.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*